Sumber gambar : http://jamurdua.blogspot.co.id |
Sains dan teknologi
menduduki tempat yang paling penting dan menjadi bagian kehidupan dalam
masyarakat. Sains dan teknologi mempunyai hubungan timbal balik yang
memungkinkan keduanya untuk saling melengkapi antara satu dengan lainnya.
Kemajuan sains akan memungkinkan dalam pengembangan teknologi melalui
terciptanya alat yang merupakan produk teknologi. Produk teknologi yang
tercipta nantinya akan digunakan dalam mengembangkan ilmu sains.
Model STS merupakan
suatu inovasi model didalam pengajaran sains. STS dikemukakan oleh John Ziman
dalam bukunya Teaching and Learning About
Science and Society pada tahun 1980 (Poedjiadi, 2007). Pembelajaran STS menggunakan
teknologi sebagai penghubung antara sains dan masyarakat, yang memberikan
pengalaman pada siswa sehingga proses belajar akan terpusat pada siswa. Model
pembelajaran STS merupakan model pembelajaran yang dapat mengaitkan antara
sains dan teknologi, keterkaitan antara sains dan teknologi akan menghasilkan
pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi, dan
pengembangan teknologi dapat menghasilkan cara atau solusi untuk memecahkan
masalah sains yang ada.
Pendidikan sains
melalui model STS tidak hanya menekankan pada penguasaan konsep namun juga
menekankan pada peran sains dan teknologi diberbagai kehidupan di masyarakat
dan menumbuhkan sikap dan tanggung jawab sosial terhadap dampak sains dan
teknologi yang terjadi di masyarakat. STS merupakan pengetahuan interdisiplin.
Pengetahuan antara sains teknologi masyarakat akan menumbuhkan kepedulian
seseorang terhadap masalah-masalah yang berhubungan dengan sains, teknologi,
dan kesejahteraan masyarakat.
Ciri pembelajaran
sains melalui Model STS adalah munculnya isu social diawal pembelajaran
mengenai konsep pelajaran yang akan diajarkan, kemudian menerapkan
konsep-konsep sains yang telah dimiliki dalam memecahkan masalah persoalan
dimasyarakat yang menyangkut sains dan teknologi. Sejalan dengan hal tersebut
Poedjiadi (2005) menyatakan bahwa belajar dengan pembelajaran STS merupakan
perubahan tingkah laku siswa setelah berinteraksi dengan lingkungan dan
memperoleh konsep-konsep dan mengaitkan konsep-konsep sains dengan kepentingan
masyarakat. Pengaitan pembelajaran sains dengan teknologi serta kegunaan dan
kebutuhan dalam masyarakat, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman
konsep-konsep yang telah dipelajari dan dikuasai siswa sehingga bermanfaat bagi
dirinya dan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya maupun
masalah lingkungan sosialnya. Pembelajaran yang diberikan masih mengacu pada
konsep-konsep yang ada dalam kurikulum, guru merancang suatu kegiatan sehingga
siswa memperoleh suatu kesempatan untuk menumbuhkan kepekaan dirinya terhadap
masalah pokok yang dihadapi, mendapat pengalaman aktif mencari informasi
melalui kegiatan pembelajaran untuk menemukan kesimpulan atau jawaban dari
masalah pokok yang dihadapi sehingga dapat memberikan saran dan memunculkan
keaktifan siswa. Model pembelajaran STS merupakan upaya untuk menumbuhkan
penguasaan sains dan teknologi.
Menurut hasil
penelitian National Science Teacher Association (1980), seseorang yang
mempunyai literasi sains memiliki ciri-ciri yang dapat diamati (Poedjiadi,
2007). Ciri-ciri orang yang mempunyai literasi sains antara lain: 1) menggunakan
konsep sains, ketrampilan proses, dan nilai dalam mengambil keputusan; 2)
mengetahui pengaruh hubungan antara sains dan teknologi terhadap masyarakat dan
sebaliknya, serta mengetahui bahwa masyarakat dapat mengontrol sains dan
teknologi melalui pengelolaan sumber daya alam; 3) memahami dan mampu
menggunakan konsep sains, hipotesis, serta teori sains; 4) menghargai sains dan
teknologi sebagai stimulus intelektual yang dimilikinya; 5) dapat membedakan
antara konsep ilmiah dengan pendapat pribadi dan mengakui asalusul sains dan
mengetahui bahwa pengetahuan ilmiah adalah tentatif; 6) mengetahui aplikasi
teknologi, pengambilan keputusan menggunakan teknologi, sumber-sumber informasi
dalam sains dan teknologi serta dapat mengambil keputusan melalui sumber yang
diperoleh.
Ciri-ciri tersebut
menunjukkan bahwa hasil pembelajaran dengan model STS tidak hanya berorientasi
pada penguasaan konsep saja melainkan juga pada segi sikap sehingga
konsep-konsep yang dikuasai dapat dimanfaatkan dan diaplikasikan dalam
kehidupan sehari-hari. Pengaitan antara teknologi dan sains merupakan salah
satu upaya untuk mengkonkretkan ilmu pengetahuan yang seringkali abstrak
sehingga apa yang dipelajari siswa dapat melekat kuat dan siswa tidak hanya
sekedar belajar teori saja melainkan juga mempelajari kaitan antara keduanya.
Dikutip dari PENGEMBANGAN
MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY DISERTAI MIND MAP UNTUK MEMBERDAYAKAN
KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN MENYIMPULKAN SISWA (Iva Yuni Listiani
:2014)
Harrah's Casino Reno, NV - Mapyro
BalasHapusHarrah's Reno is a casino 양주 출장안마 and hotel located 대전광역 출장샵 in the heart of downtown Reno. The casino has more 용인 출장안마 than 2000 slot machines, including 익산 출장안마 more than a dozen 예스 벳