Sumber gambar : http://www.banjirpelanggan.com |
Motivasi berasal dari
kata “movere” yang berarti dorongan atau menggerakan. “Motivasi sangat
diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas manusia karena motivasi merupakan hal
yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan mendukung perilaku manusia supaya mau
bekerja giat dan antusias untuk mencapai hasil yang optimal” (Malayu S.P
Hasibuan, 2005:141)
Manusia mempunyai
motivasi yang berbeda tergantung dari banyaknya faktor seperti kepribadian,
ambisi, pendidikan dan usia. “Motivasi adalah suatu perubahan energi didalam
pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif atau perasaan dan
reaksi untuk mencapai tujuan” (Oemar Hamalik, 2009 : 106).
Seseorang dikatakan
berhasil dalam belajar apabila didalam dirinya sendiri ada keinginan untuk
belajar, sebab tanpa mengerti apa yang akan dipelajari dan tidak memahami
mengapa hal tersebut perlu dipelajari, maka kegiatan belajar mengajar sulit
untuk mencapai keberhasilan. Keinginan atau dorongan inilah yang disebut
sebagai motivasi.
Dengan motivasi orang
akan terdorong untuk bekerja mencapai sasaran dan tujuannya karena yakin dan
sadar akan kebaikan, kepentingan dan manfaatnya. Bagi siswa motivasi ini sangat
penting karena dapat menggerakkan perilaku siswa kearah yang positif sehingga
mampu menghadapi segala tuntutan, kesulitan serta menanggung resiko dalam
belajar.
Dalam kaitannya
dengan belajar, motivasi sangat erat hubungannya dengan kebutuhan aktualisasi
diri sehingga motivasi paling besar pengaruhnya pada kegiatan belajar siswa
yang bertujuan untuk mencapai prestasi tinggi. Apabila tidak ada motivasi
belajar dalam diri siswa, maka akan menimbulkan rasa malas untuk belajar baik
dalam mengikuti proses belajar mengajar maupun mengerjakan tugas-tugas individu
dari guru. Orang yang mempunyai motivasi yang tinggi dalam belajar maka akan
timbul minat yang besar dalam mengerjakan tugas, membangun sikap dan kebiasaan
belajar yang sehat melalui penyusunan jadwal belajar dan melaksanakannya dengan
tekun.
Dikutip dari PENGARUH MOTIVASI, LINGKUNGAN DAN
DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA JURUSAN TEKNIK AUDIO VIDEO SMK
NEGERI 3 YOGYAKARTA (AVIF
ROY RAHMAN : 2012)
0 komentar:
Posting Komentar